Diduga Tak Netral, Oknum Komisioner KPU Pesawaran Temui Koordinator Aksi Soal Rekomendasi PHU

Pesawaran – Mobil dinas Anggota KPU Pesawaran terlihat parkir di halaman rumah koordinator aksi, yang akan menggelar aksi massa di kantor KPU dan Bawaslu Pesawaran.

Mobil dinas KPU bernomor polisi B 2612 PZB yang diketahui merupakan milik anggota KPU Pesawaran, Doddy Afrianto itu terlihat parkir di kediaman Fery Darmawan pada Sabtu (2/3/2024) pukul 16.00 WIB.

Komisioner KPU itu diduga ikut terlibat dalam perencanaan aksi yang akan digelar oleh massa yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Peduli Pemilu itu akan menggelar aksi di kantor KPU dan Bawaslu Pesawaran, Selasa (5/3) besok.

BACA JUGA :  Wow! Ada Kampung Anies-Muhaimin di Pesawaran

Eka, salah seorang warga Pesawaran mengaku kecewa dengan adanya kejadian tersebut. Menurut Eka, sebagai anggota KPU, Doddy harusnya bersikap netral dan tidak ikut campur dalam kegiatan politik yang dilakukan masyarakat, terlebih jika sampai menjadi inisiator.

“Ini cermin tidak netral. Seharusnya sebagai anggota KPU harus menjaga nama baik institusi lembaganya, bukan malah menjadi inisiator aksi,” ungkap masyarakat Gedong Tataan tersebut, Minggu (3/3) malam.

Sementara saat dikonfirmasi, membenarkan bahwa mobil yang telihat parkir tersebut merupakan mobil dinasnya. Doddy juga mengakui jika dia hadir di kediaman Fery Darmawan.

BACA JUGA :  Bupati Pesawaran Terima Gelar Adat Umpu Bukuk Jadi

“Jadi kemarin (Sabtu) sore saya ditelpon Bang Fery, ada yang mau diomongin katanya, yaudah saya kesana. Lalu disana saya diminta untuk klarifikasi soal rekapitulasi penghitungan ulang (surat suara) itu,” tutur Doddy.

Doddy melanjutkan, dalam klarifikasi tersebut, pihak KPU mendapat rekomendasi dari Bawaslu untuk melakukan penghitungan suara ulang.

Menurut Doddy, dalam pertemuan tersebut, pihak KPU dianggap bersalah oleh Fery cs lantaran telah melakukan penghitungan suara ulang.

Disinggung soal alasan pertemuan tersebut dilakukan di kediaman Fery Darmawan, bukan di kantor KPU, Doddy berkilah jika Ketua KPU Pesawaran Yatin tidak dapat dihubungi.

BACA JUGA :  Lindungi PMI Asal Pesawaran, Bupati Dendi Teken MoU dengan BP2MI

“Karena saya sudah mencoba menelpon Ketua tapi tidak di angkat-angkat,” ucapnya.

Comment