Bupati Dendi Terima Trophy Abyakta di HPN 2023

Rotasi.id – Bupati Pesawaran, Dendi Ramadhona menerima secara langsung trophy Abyakta (Anugerah Kebudayaan Persatuan Wartawan Indonesia) pada acara puncak peringatan HPN (Hari Pers Nasional) tahun 2023 di Gedung GSG Medan, Sumatera Utara, Kamis (9/2/2023).

Bupati Dendi bersama 9 bupati/walikota di seluruh Indonesia yang berhasil terpilih sebagai penerima penghargaan AK-PWI tahun 2023, menerima trophy yang diserahkan oleh Ketua Umum PWI Pusat, Atal S. Depari dihadapan Presiden RI Joko Widodo, Menteri Kabinet Indonesia Maju, para Duta Negara Sahabat, Gubernur Provinsi Sumatera Utara, Pejabat Daerah setempat serta tamu undangan.

Pemberian penghargaan ini ditetapkan setelah melalui proses panjang yang meliputi seleksi administrasi, penjurian berkas proposal dan video, hingga presentasi dan tanya jawab.

Bupati Dendi mengucap syukur dan berbangga atas diraihnya penghargaan AK PWI Tahun 2023 ini serta ucapan terima kasih kepada kwan kawan media yang telah banyak membantu di Kabupaten Pesawaran.

BACA JUGA :  Kisah Sukses Gunawan, Mitra Binaan PTPN VII yang Sempat Bangkrut

“Tentunya terima kasih kepada kawan kawan media yang telah membantu kami, Pemkab Pesawaran dalam menyebarluaskan informasi dan mengangkat budaya di Kabupaten Pesawaran terutama Sulam Jelujur, sehingga dapat diraih penghargaan hari ini”, ucap Bupati.

Dendi menambahkan trophy Abyakta AK PWI Tahun 2023 didedikasikan kepada mereka yang telah menjaga kerajinan budaya Sulam Jelujur dari masa transmigran 1905 sampai dikembangkan seperti saat ini.

Menurut ketua PWI Pusat, Atal S. Depari, AK-PWI diberikan sebagai apresiasi kepada bupati/walikota di Indonesia yang mampu dan tetap mempertahankan budayanya ditengah kemajuan teknologi.

“PWI ingin mengapresiasi sosok para Bupati/Walikota yang sukses menginovasi pangan, sandang dan papan berbasis kebudayaan (kearifan lokal)”, ucap Ketua PWI Pusat.

Menurut Atal, sebagai bangsa yang besar ia ingin bangsa ini benar-benar berswasembada pangan, sehingga tidak bergantung import.

BACA JUGA :  HDCI Peduli Bangsa Bagikan 3 Ton Beras di Pesawaran

Sandangnya berkepribadian dan tidak sekedar menutupi aurat, dan papannya, tempat tinggalnya, langgam arsitekturnya laras dengan alam.

“Kepala Daerah merupakan aktor inovasi penting, dalam hal ini para Bupati dan Walikota yang mempunyai visi kebudayaan dan literasi informasi, perlu diberikan apresiasi,” kata Bang Atal-sapaan akrab-Ketua PWI Pusat.

Pesawaran dengan Sulam Jelujurnya dan bermacam terobosan yang dikembangkan oleh Bung Dendi (sapaan akrab Bupati Pesawaran) berhasil membawa Nama Bupati Pesawaran menjadi salah satu penerima trofi Abyakta AK PWI tahun 2023.

Sementara itu, dalam menyambut Hari Pers Nasional tahun 2023 Sumatera Utara Presiden RI, Joko Widodo mengatakan bahwa di era gempuran informasi yang begitu bebas di harapkan media mampu menyajikan informasi yang akurat dan berimbang agar tujuan mencerdaskan bangsa dapat tercapai.

BACA JUGA :  BPD Hipmi Lampung Cari Ketum Baru

Presiden menegaskan, dirinya mendeadline keputusan presiden tentang Kerjasama Pers selesai dalam sebulan ini.

“Saya targetkan keputusan presiden tentang media tuntas dalam waktu sebulan. Presiden akan turun membahas keppres tersebut,” kata Presiden Jokowi.

Jokowi menyatakan keprihatinannya, berdasarkan survei 60 persen porsi iklan diambil oleh platform media asing.

Hal ini semakin menyulitkan media mainstream. Untuk itu media mainstream harus mendapatkan dukungan dari semua pihak. Disamping media mainstream sendiri harus berinovasi untuk bisa terus bertahan. (*)

Editor: Dwi Des Saputra

Comment