Lowongan CPNS 2021, Formasi SMA Bisa Mendaftar

Bisnislampung.com, Jakarta – Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) bagi lulusan SMA akan dibuka tahun ini. Formasi yang diberikan lulusan SMA ini memang lebih mengurusi unit pelaksana teknis (UPT) Rumah Tahanan (Rutan).

Lowongan yang dipersiapkan untuk lulusan SMA ini tidak membutuhkan keterampilan yang khusus. CPNS lulusan SMA nantinya akan menjadi sipir penjara atau penjaga rutan

Rutan sendiri adalah UPT yang merupakan naungan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan dibawah Kementerian Hukum dan Ham RI (Kemenkumham).

BACA JUGA :  Cara Berternak Murai Batu Bahorok dan Marike

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Tjahjo Kumolo mengatakan bahwa lowongan untuk kualifikasi pendidikan SMA memang spesifik, seperti sipir penjara.

“Untuk SMA itu spesifik. Misal untuk sipir penjaga tahanan atau penjaga rutan. Itu tidak perlu keahlian yang khusus,” kata Menpan RB Tjahjo Kumolo, dikutip dari okezone.com

Selain membuka lowongan jalur umum, lulusan SMA juga masih bisa menjadi CPNS melalui seleksi sekolah kedinasan. Nantinya, mereka yang mendaftar akan menempuh pendidikan dengan jangka waktu tertentu dan setelah lulus akan ditempatkan sesuai dengan disiplin sekolah kedinasannya.

BACA JUGA :  Ini Perbedaan Gerd dan Maag serta Cara Mengatasinya

Baca Juga : Fix THR PNS Cair Tahun Ini

Berikut ini jadwal seleksi CPNS, PPPK dan Sekolah Kedinasan:

1. Seleksi Sekolah Kedinasan
a. Minggu kedua Bulan Maret 2021 : Penyampaian formasi ke kementerian/lembaga
b. Pendaftaran: Tanggal 9-30 April 2021
c. Seleksi: Minggu ketiga Bulan Mei dan Minggu Keempat bulan Juni 2021
d. Pengumuman: Belum terjadwalkan

BACA JUGA :  Nadiem Makarim : Kuota Bantuan Internet Cair September, Berikut Jadwal dan Besarannya

Comment