Lampung Fair 2022 Resmi Dibuka, Rara Lida Duet Bareng Gubernur

Rotasi.id – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi membuka secara resmi gelaran Lampung Fair 2022, di Pusat Kebudayaan dan Olahraga (PKOR) Way Halim, Bandarlampung, Sabtu (29/10/2022).

Lampung Fair 2022 dibuka secara meriah melalui pertunjukan kolosal Tari Begawi Jejama dan Marching Band Bahana Krakatau Lampung Selatan.

Sebelumnya sebagai upaya pencegahan COVID-19 di Provinsi Lampung, maka Pemerintah Provinsi Lampung pada bulan Maret 2022 telah mengeluarkan surat tentang peniadaan penyelenggaraan Pekan Raya Lampung Tahun 2022.

Namun, melihat perkembangan kondisi pandemi COVID-19 di Provinsi Lampung sudah jauh membaik, seiring semakin melandainya kasus COVID-19, maka Pemerintah Provinsi Lampung memutuskan untuk melonggarkan sejumlah aktivitas masyarakat dan bersiap untuk masa transisi dari Pandemi ke Endemi.

Salah satunya, Pemerintah Provinsi Lampung telah mengizinkan penyelenggaraan kegiatan dengan skala besar seperti Lampung Fair 2022 yang digelar oleh Dewan Pengurus Provinsi (DPP) Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Lampung.

“Sesuai temanya, yaitu “Lampung sebagai Gerbang Dunia Bisnis di Pulau Sumatera”, maka kegiatan LAMPUNG FAIR 2022 ini, membuka kesempatan seluas-luasnya bagi kalangan dunia usaha dan bisnis, termasuk juga UMKM untuk berpromosi, meningkatkan daya saing produk unggulan daerah, dalam rangka peningkatan investasi dan pertumbuhan ekonomi di Provinsi Lampung,” ucap Gubernur.

BACA JUGA :  Malam Ini, Nabila Maharani Tampil di Lampung Fair 2022

Lebih jauh, Gubernur juga menyatakan bahwa kita semua patut bersyukur, karena ditengah-tengah resesi, perekonomian Provinsi Lampung di Triwulan II Tahun 2022 mampu tumbuh mencapai 9,12 persen (q to q).

“Ini wajib kita syukuri karena Lampung menjadi Provinsi dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi di Indonesia. Demikian juga dengan inflasi, meski meningkat karena kenaikan BBM kemarin, namun masih bisa kita kendalikan,” ucap Gubernur.

Menurut Gubernur, melalui Lampung Fair 2022, dunia bisnis dan pelaku usaha diharapkan termotivasi untuk senantiasa menghadirkan produk-produk yang kreatif, dan dapat menumbuhkan bentuk-bentuk inovasi ekonomi kreatif baru dengan memanfaatkan berbagai potensi dan unggulan yang ada di Provinsi Lampung.

“Melalui kesempatan ini, saya menyampaikan apresiasi kepada DPP APINDO Lampung sebagai penyelenggara Lampung Fair 2022. Kepada para pengusaha besar dan pemilik modal, saya mengundang Saudara untuk memperluas bisnis dan meningkatkan investasinya di Provinsi Lampung,” ujar Gubernur.

Selanjutnya kepada para pelaku UMKM, Gubernur berpesan agar dapat memberdayakan potensi yang dimiliki untuk meningkatkan kesejahteraan bersama. Lakukan inovasi dan kreasi, serta menjadi garda terdepan dalam pertumbuhan ekonomi.

BACA JUGA :  PTPN VII Bantu Kompresor untuk Atlet Selam Lampung

Tidak lupa, Gubernur juga mengajak seluruh masyarakat, untuk beramai-ramai, bersama keluarga mengunjungi, berbelanja dan ikut memeriahkan LAMPUNG FAIR 2022.

Sementara itu, Sekretaris DPP Apindo Lampung Yanuar Irawan dalam laporannya menyampaikan bahwa pada perhelatan Lampung Fair 2022 terdapat lebih kurang 200 stand yang 70%-nya diperuntukkan untuk para UMKM, sedangkan sisanya untuk BUMN, BUMD dan para pelaku-pelaku usaha lainnya.

Yanuar juga melaporkan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 11 kabupaten/kota dari 15 yang ada, kemudian perguruan tinggi, bank, dan para pelaku usaha baik lokal Lampung maupun dari Jakarta, dengan target pengunjung mulai dari 29 Oktober hingga 14 November 2022 sebanyak kurang lebih 700.000 pengunjung.

Ucapan terimakasih juga dihaturkan oleh Ketua Umum Dewan Pengurus Nasional (DPN) Apindo Hariyadi B. Sukamadani kepada Gubernur Lampung atas perkenannya Apindo Lampung ikut berpartisipasi dan ikut andil dalam terselenggaranya Lampung Fair 2022.

Pada kesempatan tersebut, Hariyadi menyampaikan bahwa Apindo memiliki program dalam memberdayakan UMKM di seluruh Indonesia termasuk di Provinsi Lampung.

“Apindo mempunyai komitmen yang sangat besar untuk mendorong UMKM Lampung untuk dapat lebih berkembang, salah satunya dengan melibatkan perguruan tinggi melalui program pendampingan UMKM, serta melibatkan mentor dari seluruh anggota Apindo,” ucap Hariyadi.

BACA JUGA :  Gubernur Lampung Arinal Djunaidi Sampaikan Refleksi Tahun 2021

Melalui pendampingan tersebut, diharapkan UMKM dapat menjalankan usahanya dengan lebih profesional, dan lebih memahami manajemennya, sehingga dapat lebih berkembang dan menjadi pendukung serta penggerak ekonomi khususnya di Lampung dan Indonesia pada umumnya,” harap Hariyadi.

Pada kegiatan tersebut, Gubernur bersama rombongan Forkopimda juga berkesempatan untuk mengunjungi beberapa stand dan anjungan Kabupaten/Kota yang mengikuti gelaran Lampung Fair 2022, diantaranya Anjungan Kabupaten Tulang Bawang Barat dan Tanggamus.

Kemeriahan puncak Opening Ceremony Lampung Fair 2022 semakin pecah saat artis ibu kota Rara Lida membawakan beberapa buah lagu untuk menghibur masyarakat Lampung yang memadati area PKOR Way Halim. (*)

Comment