Ingin Usaha Donat, Tambahkan Bahan Ini Supaya Lembut dan Awet

Usaha Donat
Donat Kekinian , Foto: Donat-eo

Bisnislampung.com, Tips – Bingung cara membuat donat super lembut cocok bagi yang ingin coba buat usaha donat. Ternyata, membuat usaha donat tidak boleh asal buat.

Hal ini agar usaha donat anda bisa laris terjual karena rasa dan teksturnya enak. Tak perlu berlama-lama yuk simak berikut ini cara membuat supaya bisa lembut dan tahan lama agar usaha donat Anda laris manis :

Bahan – bahan 
1. 500 gr Tepung Terigu
2. 6 gr Ragi Instan
3. 15 gr Susu Bubuk
4. 80 gr Gula Pasir
5. 2gr Bread Improver (melembutkan donat)

Selanjutnya, semua bahan-bahan di atas di aduk sampai rata. Selain Bread Improver, tambahkan 1/2 sdt Softener kue untuk Cake bisa membantu agar serat roti lebih halus dan lembut.

BACA JUGA :  Ternyata Akun WhatsApp Bisa Dihapus, Ini Caranya

Anda bisa membelinya di toko bahan-bahan kue. Kemudian tambahkan 1 butir kuning telur. Campurkan adonan dengan 250 sd 270 gr air dingin atau es.

Silahkan ulen sampai setengah kalis. Kecepatan mixer di nomor dua dan kecepatan nomor tiga. Sekarang tambah air lagi sedikit demi sedikit. Setelah adonan setengah kalis matikan mixer.

Tambahkan 5 gr garam dan 60 gr mentega atau margarin. Kemudian ulen lagi sampai kalis elastis. Setelah adonan kalis matikan mixer. Kalis itu tandanya adalah tidak mudah robek ketika ditarik.

BACA JUGA :  Cara Budidaya Ikan Guppy yang Baik dan Benar

Sekarang bulatkan adonan secara utuh dan masukan ke dalam wadah dan diamkan kurang lebih 1 jam sesuaikan suhu masing-masing. Setelah kurang lebih 1 jam maka adonan sudah mengembang dan balurkan tangan dengan tepung dan kempiskan adonan.

Silahkan timbang dan potong sesuai selera.
Setelah ditimbang silahkan bulatkan adonan satu persatu. Kalau sudah dipipihkan menggunakan alat seperti tutup botol atau manual menggunakan jari.

Setelah dicetak, kemudian taruh di loyang yg sudah diberikan tepung, dan tutup dengan kain sampai 30 sd 40 menit sampai mengembang.

Teman-teman bisa tekan jari, jika membal berarti siap di goreng. Siapkan minyak masukan donat yg ingin digoreng. Lakukan penggorengan dengan cukup sekali membolak baliknya.

BACA JUGA :  7 Jenis Penyakit Cupang dan Cara Mengobatinya

Setelah matang kekuningan kedua sisi maka angkat dan tiriskan. Setelah dingin maka bisa ditambah toping sesuai selera.

Mudahkan cara membuatnya, Anda bisa mencoba di rumah dan bisa menjadi peluang usaha donat. (*)

Comment