Terjadi Ledakan Bom di Kantor PU Bandar Lampung, Unit Jibom Gegana Lampung Amankan TKP

Rotasi.id – Telah terjadi ledakan di Kantor PU Kota Bandar Lampung, Jumat (14/10/2022). Ledakan tersebut membuat kepanikan warga sekitaran Lokasi.

Terpantau dari kamera CCTV detik-detik sebelum terjadi ledakan yang di duga dari sebuah mobil yang terpakir di depan kantor dinas PU Kota Bandar Lampung.

Sedetik setelah ledakan terjadi asap hitam membubung tinggi menyelimuti seputaran Kantor PU Kota hingga kampus UIN Raden Intan Lampung.

Tampak kobaran api akibat ledakan di sekitar lokasi. Tak lama tiba mobil pemadam kebakaran dengan segera memadamkan kobaran api yang menyala di sebuah mobil yang meledak di ikuti aparat kepolisian yang langsung mengamankan tempat kejadian.

Tim Jibom Sat Brimob Polda Lampung dengan segera melaksanakan olah TKP pasca ledakan dan ternyata di temukan kembali suatu barang yang diduga Bom di dekat pintu masuk Gedung Kantor PU Kota Bandar Lampung.

BACA JUGA :  Kisah Sukses Gunawan, Mitra Binaan PTPN VII yang Sempat Bangkrut

Hasil Dari X-Ray ternyata benar barang tersebut terdapat rangkain elektronik yang diduga rangkaian bom.

X-ray adalah salah satu kelengkapan tim Jibom yang bertujuan untuk membantu operator Jibom mengetahui isi dalam rangkaian yang diduga bom, agar cepat ditindaklanjuti oleh tim Jibom.

Segera Robot EOD mengamankan barang yang diduga rangkaian bom untuk di lakukan diskrapter hal ini dilakukan untuk mencerai beraikan atau membongkar isi tas dengan aman.

Selanjutanya Tim Inafis Polresta Bandar Lampung melakukan olah TKP guna mengumpulkan barang bukti yang sekiranya ditinggalkan oleh pelaku peledakan guna penyelidikan lebih lanjut.

Kejadian tersebut merupakan Rangkaian Simulasi yang dilaksanakan Satuan Brimob Polda Lampung di mana hal tersebut merupakan rangkaian latihan peningkatan Kemampuan Personil Sat Brimob Khususnya Kemampuan Jibom.

BACA JUGA :  Wow! PNBP Unila Capai Rp 330 Miliar, Begini Kata Rektor

Di mana dalam pelaksanaannya melibatkan Instansi Terkait di antaranya Polresta Bandar Lampung, Dankar, Dishub dan Pemkot Bandar Lampung.

Komandan Satbrimob Polda Lampung Kombes Pol Wahyu Widiarso Suprapto mengatakan, latihan penanganan Bom yang dilaksanakan di Kantor PU Kota Bandar Lampung ini untuk meningkatkan kemampuan personel dan antisipasi pergerakan terorisme di wilayah Lampung.

Kemudian menerapkan SOP yang harus dilakuakan ketika aparat ataupun masyarakat menemukan benda atau barang yang diduga bom. serta Kesiapan Sat Brimob Polda Lampung dan Instansi Instansi Terkait.

“Tujuan simulasi, selain untuk share informasi dengan instansi pemerintahan daerah, juga bertujuan untuk latihan bersama personil dalam penjinakan bom agar satu persepsi ketika menghadapi situasi yang nyata,” terang Kombes Pol Wahyu.

Untuk diketahui dalam waktu dekat juga Personil Sat Brimob Polda Lampung juga akan dilibatkan pengamanan KTT G20 yang dilaksanakan di Bali.

BACA JUGA :  Kapolda Lampung Pecat Oknum Anggota Mapolresta Bandarlampung

Sehingga setiap person Sat Brimob Harus Siap menghadapi situasi kontijensi yang akan terjadi.

Hadir dalam simulasi Jibom tersebut, Walikota Bandar Lampung Eva Dwiana, Kepala Dinas PU Kota Bandar Lampung, Kapolsek Sukarame dan Danramil Panjang. (*)

Comment