Proses Coklit 100 Persen, KPU Bandar Lampung Pastikan Pantarlih Bekerja Sesuai Regulasi

Coklit
Proses Coklit KPU Bandar Lampung telah selesai 100 persen, Foto:Ist

Rotasi.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bandar Lampung telah merampungkan tahapan pencocokan dan penelitian (Coklit) dengan sistem Door to Door. Terhitung hingga 14 Maret 2023, pukul 20.00 WIB progres coklit di Kota Bandar Lampung sudah 100 persen.

Ketua KPU Bandar Lampung Dedi Triyadi mengatakan proses pemutakhiran data pemilih pada Pemilu 2024 ini, sudah menggunakan aplikasi e-coklit. Sehingga, Panitia Pendaftaran Pemilih (Pantarlih) wajib turun ke lapangan secara Door to Door untuk mencoklit pemilih.

“Dengan adanya penggunaan aplikasi e-coklit, Pantarlih sudah dipastikan turun ke lapangan untuk mencoklit secara door to door ke rumah pemilih,” kata dia, Selasa, (14/3/2023).

BACA JUGA :  Segera! Pengurus Perbasasi Lampung Dilantik dan Adakan Gubernur Cup U-23

Sebab, lanjutnya, jika Pantarlih tidak turun langsung ke lapangan untuk bertemu dan mendata pemilih, maka akan terdeteksi oleh KPU Bandar Lampung melalui aplikasi e-coklit.

“Karena ada titik koordinat yang terekam dan bisa dipantau oleh KPU Kota melalu aplikasi e-coklit,” ujar dia.

Dedi menambahkan, aplikasi e-coklit yang dapat memantau titik koordinat Pantarlih, justru membantu jajaran Pantarlih bekerja sesuai regulasi.

Ia menambahkan, bukti lain bahwa Pantarlih turun ke lapangan yakni dengan adanya proses penempelan stiker di rumah setiap warga yang telah dicoklit.

BACA JUGA :  Smartfren Buka Loker Promotor, Berikut Cara Daftarnya

“Kalau pengawas menemukan ada stiker yang belum terisi, bukan berarti Pantarlih tidak turun lapangan. Justru menunjukan bahwa Pantarlih turun lapangan dengan bukti stiker tertempel,” kata Dedi.

Selain itu, stiker yang tertempel, siapa pun bisa memastikan bahwa Pantarlih turun ke lapangan dengan mengecek bukti tanda terima yang diberikan Pantarlih kepada pemilih yang telah dicoklit.

“Bisa dicek apakah pemilih tersebut mendapat bukti tanda terima terdaftar sebagai pemilih. Jika pemilih mendapatkan tanda terima, berarti Pantarlih sudah bertemu langsung ke pemilih dan melakukan coklit. Karena hingga tanggal 14 Maret 2023, pukul 20.00 WIB, coklit sudah 100% di Kota Bandar Lampung,”ujar dia. (*)

BACA JUGA :  Hindari Hoax, Angga Tegaskan Aldi Taher dan Lyodra Tidak Ada di Pekan Raya Lampung 2023

Comment