Presiden Jokowi ke Lampung, Berikut Lima Agendanya

Joko Widodo
Presiden Jokowi, Foto: Instagram @jokowi

LampungPresiden Jokowi akan mengunjungi Provinsi Lampung, Kamis (2/9/2021) besok. Rencanaya, kunjungan Presiden diawali keberangkatan (take off) pukul 08.00 WIB.

Menurut berbagai sumber informasi yang berhasil Bisnislampung.com rangkum, berikut agenda Jokowi saat berada di Lampung:

Pertama, Jokowi akan mengunjungi pelaksanaan vaksinasi di Natar, Lampung Selatan.

Kedua, Jokowi akan meninjau pelaksanaan vaksinasi pelajar di SMA Negeri 2 Bandarlampung.

Ketiga, agenda selanjutnya yakni memberikan arahan kepada forkompimda Lampung (Mahan Agung).

Keempat, mengujungi Kabupaten Pesawaran untuk meninjau pelaksanaan vaksinasi pelajar di SMP Negeri 1 Pesawaran.

Kelima, atau kunjungan terakhir yakni meresmikan Bendungan Way Sekampung, Pringsewu.

Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona telah mempersiapkan kedatangan Presiden Jokowi dan memastikan prokes berjalan saat pelaksanaan vaksinasi pelajar perdana di Pesawaran.

BACA JUGA :  Ari Saputra Sabet Emas, Bupati Way Kanan Beri Apresiasi

“Pak Gubernur ingin memastikan terkait keamanannya, peserta yang akan divaksin harus dibuat sirkulasi agar tidak terjadi penumpukan, karena kita ketahui saat ini negara kita masih dilanda pandemi Covid-19,” ujar Dendi, Selasa (31/8/2021).

Resmikan Bendungan Way Sekampung

Diketahui, Presiden Jokowi juga akan meresmikan Bendungan Way Sekampung, Pringsewu. Pembangunan bendungan Way Sekampung ini memiliki banyak manfaat bagi masyarakat sekitar, antara lain penyediaan air irigasi untuk luas lahan 55.373 hektare (ha), penyediaan air baku sebesar 2.482 liter per detik untuk Kota Bandar Lampung, Branti dan Kota Metro.

BACA JUGA :  Riana Sari Arinal Terima Bantuan Peduli Covid-19

Selain itu, bendungan tersebut dapat berfungsi sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohida (PLTM) dengan daya sebesar 5,4 MW (2 x 2,7 MW).

Disamping itu, dengan dibangunnya bendungan juga bermanfaat sebagai wisata air dan pelestarian lingkungan di wilayah Kabupaten Pringsewu dan sekitarnya. Bendungan yang memiliki kapasitas efektif sebesar 68 juta meter per kubik ini dibangun sejak tahun 2016 selama 5 (lima) tahun.

Pekerjaan pembangunan bendungan ini tidak dihentikan oleh Pemerintah selama masa pandemi Covid-19 dimana hal tersebut dilakukan untuk menjaga target penyelesaian PSN serta menjaga kesinambungan roda perekonomian Indonesia.

BACA JUGA :  Presiden Jokowi Akan Berkunjung ke Lampung, Pemprov Gelar Rapat Persiapan

Kehadiran bendungan ini memiliki manfaat untuk penyediaan air baku di wilayah Kabupaten Pringsewu Selain itu, kehadiran bendungan tersebut dapat digunakan sebagai pengendali banjir dan sebagai lahan konservasi serta pariwisata sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat. (*)

Penulis : Bila

 

Comment