Mendag Zulkifli Hasan Kunjungi Pisang Goreng Beku Shamiya, Janjikan Pelatihan dan Akses Pasar Ekspor

Pisang Goreng Beku Shamiya
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Kanan) saat berbincang dengan Pemilik Pisang Goreng Shamiya, Mulyadi Alkahfi (Kiri), Foto: Ist

Rotasi.id – Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menjanjikan pelatihan dan akses ekspor untuk para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Lampung.

Hal ini Zulkifli Hasan sampaikan saat mengunjungi pusat oleh-oleh Pisang Goreng Beku Shamiya, Sabtu (7/1/2023).

Ia menyatakan, Kementerian Perdagangan siap memfasilitasi pelatihan UMKM agar dapat mengembangkan usahanya hingga mampu menjangkau pasar di dalam maupun luar negeri.

“Kita bikin disini (Lampung), ada UMKM, pelatihan ekspor, ada juga retail modern dan lembaga pembiayaan, nanti dilatih dan juga Marketplacenya ada, sehingga usaha mereka meluas dan bisa juga untuk ekspor,” ungkap dia.

BACA JUGA :  Silaturahmi Perantauan Lampung, 20 UKM Terima Uang Pembinaan Rp 200 Juta

Kemudian, ia menyebutkan bahwa potensi pisang di Provinsi Lampung sangat berlimbah. Oleh sebab itu ia meminta peluang ini dikembangkan sehingga jika memungkingkan dapat menyuplai kebutuhan pisang goreng untuk jamaah haji di Indonesia.

Sementara, Pemilik Pisang Beku Shamiya, Mulyadi Alkahfi mengaku senang dengan kedatangan Mendag Zulkifli Hasan ke rumah produksi miliknya.

BACA JUGA :  Menteri Teten Masduki ke Lampung, Jadikan Lampung Lumbung Pangan Nasional

Ia berharap, apa yang disampaikan oleh Mendag dapat segera teralisasi sehingga para pelaku UMKM Lampung dapat tumbuh berkembang baik di dalam maupun luar negeri.

“Semoga semakin terbuka nya akses pasar dalam dan luar negeri khusus dalam negeri di ritel ritel modern bisa menerima produk Shamiya dan UKM Lampung lainnya,” tandasnya. (*)

BACA JUGA :  Oscar Lawalatta Berharap Batik Tulis Lampung Tembus Internasional

Editor: Dwi Des Saputra

Comment