Layani Kesehatan Pemudik, Diskes Lampung Siapkan 78 Posko dan 1404 Nakes

Rotasi.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Lampung menyiapkan 78 posko dan 1.404 tenaga kesehatan (Nakes) yang bersiaga 24 jam melayani masyarakat pada musim arus mudik Idul Fitri 1444 Hijriah yang tersebar di 15 kabupaten kota, Provinsi Lampung.

Reihana menyebutkan posko tersebut nantinya mulai beroperasi pada tanggal 16 sampai 30 April 2023.

“Tugas dari petugas kesehatan adalah nantinya melayani pemudik yang singgah. Mulai dari periksa, sosialisasi, hingga pelayanan kesehatan lainnya, Selain itu layanan vaksinasi di kabupaten/kota juga disediakan vaksin dosis ketiga (booster),” katanya, Senin (3/4/23).

BACA JUGA :  Marak Tawuran di Bandar Lampung, Elly Wahyuni Imbau APH Tangani Serius

Ia mengatakan nantinya untuk seluruh bertugas kesehatan bertugas dengan dibagi menjadi tiga shift, serta ada enam petugas di setiap posko mudik tersebut.

Lebih lanjut, ia memaparkan, enam petugas kesehatan terdiri dari sopir ambulans, perawat, bidan, dokter, promosi kesehatan (promkes), hingga Surveilans, para petugas kesehatan itu nanti juga ditempatkan di Pos PAM Lebaran yang ada di seluruh wilayah Provinsi Lampung.

Sementara itu, 78 posko yang disediakan antara lain di Bandarlampung sebanyak 9, Pesawaran 8, dan Lampung Selatan 13, Kota Metro 1, Lampung Tengah 7, Lampung Utara 3.

BACA JUGA :  Tolak Perppu Cipta Kerja, Serikat Buruh Sampaikan Tiga Aspirasi ke Provinsi Lampung

Kemudian, di Lampung Barat 4, Pesisir Barat 8, dan Tulang Bawang Barat 8, Mesuji 1, Tulang Bawang 4, Tanggamus 2, Pringsewu 3, Lampung Timur 5, dan Waykanan 2.

“Di arus mudik dan arus balik Idul Fitri tahun ini telah disiapkan posko kesehatan, yang akan di taruh di beberapa lokasi seperti rest area Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) dan simpul transportasi,” tandasnya. (Red)

BACA JUGA :  Kolaborasi PWI Lampung dan Pemkot, Hadirkan Pelatihan IT dan Penulisan Berita Bagi ASN

Comment